Sibayak

Loading...

Selasa, 16 November 2010

Keindahan Alam Sibayak

Gunung Sibayak
Pemandangan yang indah

Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Berastagi di Sunatra Utara. Dibawah kaki gunung ini terdapat beberapa perkampungan yaitu Desa SemangatGunung (RajaBerneh) dan Desa Doulu.Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1880. Gunung ini berada di sekitar ±55 kilometer barat daya Kota Medan, dengan 2094 mdpl.Gunung Sibayak merupakan gunung ber tipe B.Gunung berapi tipe B adalah gunung berapi yang sudah beratus-ratus tahun tidak terdeteksi aktivitas vulkanisnya, namun masih  memiliki potensi meletus setiap saat.
Jalan menuju lokasi Gunung Sibayak tidak terlalu sulit. Pendakiannya tidak membutuhkan teknik khusus. Bahkan pendaki pemula akan dengan mudah mencapai puncak serta menikmati embusan angin berbau belerang yang keluar dari kawah Gunung Sibayak. Dari Kota Medan, lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum.
Sementara itu, titik pendakian menuju Gunung Sibayak ada di beberapa lokasi, di antaranya; Kawasan jalur Jarangnguda. Dari titik ini perjalanan menuju puncak Gunung Sibayak dapat ditempuh dengan waktu 3-4 jam. Selain udara sejuk dan suara kicauan burung-burung,kita dapat merasakan bagaimana indah nya pemandangan GunungSibayak.Selain dari jalur Jarangnguda bisa juga dari jalur Desa SemangatGunung(Rajabernah),Jika melalui jalur ini sebelum mendaki kita bisa mandi air panas yang mengandung zat belerang. Mandi di Air Panas yang mengandung zat belerang dapat menyembuhkan berbagai jenis peyakit kulit.








1 komentar: